Taruna Junior Menghunuskan Pedang untuk Menghormati Seniornya

Loading

Tanpa terasa sudah angkatan II yang sudah di luluskan SMK Penerbangan Banjarbaru. Ditahun 2016 ini sebanyak 54 Taruna dengan 2 Kompetensi Keahlian yaitu Administrasi Perkatoran (konsentrasi Pelayanan Penerbangan) dan Air Frame dan Powerplant, diluluskan dan di kukuhkan dalam Pengukuhan dan Perpisahan SMK Pernerbangan Banjarbaru di Ballroom Himalaya, Hotel Banjarmasin Internasional, Kamis-12 Mei 2016.

Tarian DayakSambil menunggu Orang Tua dan Taruna yang akan dikukuhkan tamu yang telah datang dihidangkan sarapan pagi di ruang makan. Acara Kelulusan dan Pengukuhan ini dihadiri oleh Perwakilan Gubernur Kalimantan Selatan, Siswo SH, MH. Komandan Lanud Syamsudinnoor Letkol Pnb. Erwin S. Perwakilan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan. Perwakilan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Zafli Admi. Perwakilan Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, Ubay S.Sos, M.AP dan Pengawas Pembina Herliani. Perwakilan Garuda, Perwakilan Angkasa Pura, Perwakilan BMG kalimantan Selatan. Ketua Yayasan Whiyata Dirgantara Borneo, DR. Iswiyati Rahayu, M.Si. Hingga waktu menunjukan pukul 09.00 Wita, acara diawali dengan lagu-lagu nusantara dilanjutkan Tarian dayak  yang dinyanyikan dan di mainkan Taruna-Taruni kelas X dan XI.

Pedang Pora Ala SMK Penerbangan 2016Ada hal unik dalam Pengukuhan tahun ini yaitu adanya pembawa Pedel yang memimpin Acara Pengukuhan dan Prosesi Formasi Pedang Pora yang dimainkan Taruna SMK Penerbangan Banjarbaru. Pedang Pora dalam tradisi kemiliteran ungkapan melepas dan mengantarkan salah seorang anggotanya memasuki kehidupan yang baru oleh adik-adik angkatan, Namun dalam Formasi Pedang Pora ala SMK Penerbangan Banjarbaru, Pedang terhunus dilambangkan sebagai dengan sifat dan berjiwa ksatria Alumni mengatasi hambatan dan rintangan dihadapan mereka. Laporan PanitiaPedel memasuki tempatnya diiringi Alumni yang melewati Formasi Pedang Pora memasuki tempat acara pengukuhan. Setelah menyanyi lagu Indonesia Raya dan Mars SMK Penerbangan Banjarbaru, dilanjudkan dengan laporan Panitia oleh Ansyari, S.Pd.

Kebanggaan sangat besar dirasakan Kepala Sekolah SMK Penerbangan Banjarbaru Paidillah, S.Pd.I, dimana selain mampu meluluskan dengan nilai yang memuaskan, SMK Penerbangan Banjarbaru menduduki Peringkat ke 3 dalam perolehan nilai UN terbaik Tingkat SMK di Banjarbaru. “SMK Penerbangan Banjarbaru menduduki Rangking 3 terbaik untuk nilai UN, Terimakasih” ujarnya sambil membuka tangan ke arah alumni.
Kepala Sekolah DR. Iswiyati Rahayu, M.Si
Ketua Yayasan Whiyata Dirgantara Borneo, DR. Iswiyati Rahayu, M.Si, tidak kalah bangga atas lulusan ini. dan mengingatkan Alumni akan pengorbanan orang tua selama menyekolahkannya. “anak-anakku bisa lihat bagaimana pengorbanan orang tua menyekolahkan anak-anakku di SMK Penerbangan Banjarbaru” ujarnya dalam kata sambutan. Yayasan tidak menyianyiakan kepercayaan yang diberikan orang tua yang menyekolahkan di SMK Penerbangan Banjarbaru dengan memberikan yang terbaik bagi siswanya. “Kepercayaan ini tidak kami sia-siakan dimana yayasan bekerjasama dengan Stakeholder” tambahnya.

Ubay S. Sos, M.APÂ Sambutan Disdik Kota Banjarbaru

Ubay, S.Sos, M.AP mewakili Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru menyatakan bahwa Banjarbaru dalam keadaan aman dan terkendali saat pengumuman kelulusan. Kepala-Kepala Sekolah se Banjarbaru menghimbau alumninya agar lebih baik memberikan pakaiannya daripada dicorat-coret dan tidak bisa terpakai lagi dan tidak ada konvoi-konvoi Kendaraan.”Terdapat yang adalah siswa-siswa dari luar kota Banjarbaru, dari Banjarmasin, dari Gambut, dari Martapura itu yang hadir yang corat-coret bajunya dan konvoi sepeda motor” Ucapnya dalam sambutan mewakili Kepala Dinas Pendididikan Kota Banjarbaru yang berhalangan hadir.
Sekretaris Dinas Pendidikan kota Banjarbaru ini juga menyampaikan bahwa Kota Banjarbaru juga memperoleh peringkat pertama dalam perolehan Nilai UN se Kalimantan Selatan dan bagi siswa peringkat pertama memperoleh uang santunan sebesar 115 juta rupiah dengan rincian dari Pemprov sebesar 100 juta rupah dan 15 juta dari Pemko Banjarbaru.

SMK Penerbangan Memiliki Karakter Berbeda dengan SMK Lain

Kehadiran Letkol Pnb Erwin S, membawa semangat baru bagi taruna-taruni SMK Penerbangan Banjarbaru, dalam pembukaan sambutannya Komandan Lanud Syamsudinnoor ini mengajari Yel-Yel Ala Angkatan Udara (Lihat Video Yel-yel). Lulusan Sekolah Pilot Tahun 1999 ini mengingatkan perbedaan Karakter SMK Penerbangan dengan SMK lainnya
“Orang yang kurang ajar dan orang yang tidak punya karakter bukan disini tempatnya” katanya dalam kata sambutanya. Komandan yang pernah bersekolah di Australia, China, korea Selatan, Kolorado, San Fransisco dan Thailand ini mengajarkan kemandirian dalam berusaha membekali diri untuk diri sendiri, Keluarga, Satuan (Kelompok) /perusahaan tempat mengabdi “Bila anda punya ilmu, anda tentu membekali negara dan bangsa dan itu adalah pahala yang luar biasa” sambungnya


Menurutnya Taruna-Taruni harus bertanggung jawab atas martabat dan nama baik keluarga bangsa dan negara, tidak harus kaya dulu namun dari sekarang, “Bapak saya hanya seorang supir truck ibu saya penjahit keliling tapi bagaimana tanggang jawab kita sebagai anak harus mengangkat derajat martabat orang tua, mengangkat nama dan bangsa ini supaya orang asing melek akan negara kita” wejangannya untuk taruna-taruni. Menjadi sukses dan berbakti kepada bangsa negara merupakan pilihan “Never to be hard, if we want, if you study hard, tidak ada yang susah, asal anda mau, asal anda mau belajar” tambahnya sebelum mengakhiri sambutannya

Siswo, SH, MHSambutan terakhir dari Gubernur Kalimantan Selatan yang dibacakan Siswo, SH, MH karena gubernur masih di Jakarta. Menurut Gubernur Kelulusan ini harus dimaknai sebagai langkah awal dari sebuah tanggung jawab pada diri sendiri, keluarga masyarkat bahkan bangsa dan negara. Gubernur juga menghibau agar Lulusan SMK Penerbangan Banjarbaru menggunakan Skill, peningkatan kapasitas dan kualitas sebagai manusia di dunia penerbangan akan berdampak pada kualitas pelayanan, hal ini tentunya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di daerah banua Kalimantan Selatan.
Gubernur berharap Lulusan SMK Penerbangan Banjarbaru dapat berdisiplin tinggi, personalitas dimanapun bekerja. Menurut Gubernur, kedisiplinan dan Kepatuhan itulah menjadi nilai dalam dunia kerja. “Sekali lagi kami berharap semoga saudara-saudara dapat menjadi generasi yang unggul dan berakhlak mulia, membawa kebanggaan keluarga, almamater serta basa negara” Tulis Gubernur mengakhiri Sambutanya.

Gambaran Acara Pengukuhan sebagai berikut, diawali prosesi lambang-lambang kebesaran memasuki podium diikuti Kepala sekolah, beserta Wakil Kepala Sekolah dan Kepala-kepala Program Keahlian. Didalam Acara Pengukuhan dibacakan Peraih nilai UN terbaik di SMK Penerbangan Banjarbaru dan Guru Teladan Tahun 2015/2016. Pengukuhan dengan mencium bendera dan pengalungan mendali alumni diiringan lagu-lagu nasional dilanjutkan Pengucapan Ikrar Pemuda. Setelah Lambang-lambang kebesaran Kepala sekolah, beserta Wakil Kepala Sekolah dan Kepala-kepala Program Keahlian, dilanjutkan dengan acara ramah tamah perpisahan

Photo Acara Kelulusan dan Pengukuhan
Photo Slide[amazingslider id=”2″]


Kolase Photo

Video PEDANG PORA

…..——–….