Runway Visual Range (RVR)
Runway Visual Range (RVR) adalah jarak di mana pilot pesawat yang berada di garis tengah landasan pacu dapat melihat marka permukaan landasan pacu atau lampu yang menggambarkan landasan pacu atau mengidentifikasi garis tengahnya.
Sumber: ICAO Annex 3: Layanan Meteorologi untuk Navigasi Udara Internasional
Keterangan
RVR bukan merupakan observasi atau pengukuran parameter meteorologi (misalnya arah dan kecepatan angin permukaan, suhu dan tekanan). Ini merupakan penilaian berdasarkan perhitungan yang mempertimbangkan berbagai elemen, termasuk faktor atmosfer seperti koefisien kepunahan atmosfer, faktor fisik/biologis seperti ambang batas visual iluminasi, dan faktor operasional seperti intensitas cahaya landasan pacu.
Tujuan utama RVR adalah untuk memberikan informasi kepada pilot, pengontrol, dan pengguna penerbangan lainnya mengenai kondisi visibilitas landasan selama periode visibilitas rendah, misalnya karena cuaca buruk. kabut, curah hujan atau badai pasir. Hal ini diperlukan untuk menilai apakah kondisi berada di atas atau di bawah operasi minimum yang ditentukan untuk lepas landas dan mendarat. Perlu dicatat bahwa untuk tujuan ini nilai RVR menggantikan visibilitas yang dilaporkan dan dalam kasus pendekatan presisi, biasanya tidak diperbolehkan untuk memulai pendekatan jika nilai RVR yang berlaku berada di bawah nilai minimum yang disyaratkan.
Informasi RVR diberikan ketika jarak pandang atau RVR untuk runway tertentu berada di bawah 1500 m. Ini mewakili untuk:
Zona pendaratan, ketika landasan pacu ditujukan untuk pendekatan non-presisi atau operasi Kategori I.
Zona pendaratan dan titik tengah, jika landasan pacu ditujukan untuk operasi Kategori II.
Zona touchdown, titik tengah dan titik akhir, jika landasan pacu ditujukan untuk operasi Kategori III.
Informasi RVR disertakan dalam laporan rutin lokal, laporan khusus lokal, METAR dan SPECI.