6 Pack Instrument Cockpit

Loading

6 Pack” dalam penerbangan mengacu pada instrumen penerbangan utama pada panel instrumen pesawat. Setiap instrumen memberikan informasi penting kepada pilot untuk penerbangan yang aman. Berikut penjelasan singkat masing-masing komponen pada “6 Pack” dengan menggunakan bentuk singkat:

1. **A/SI** – Indikator Kecepatan Udara: Menunjukkan kecepatan udara pesawat saat ini dalam satuan knot, membantu pilot mempertahankan kecepatan yang diinginkan untuk penerbangan yang aman.

2. **ALT** – Altimeter: Menampilkan ketinggian pesawat saat ini di atas permukaan laut, yang penting untuk menjaga ketinggian yang tepat selama penerbangan dan untuk navigasi.

3. **VSI** – Indikator Kecepatan Vertikal: Menunjukkan kecepatan naik atau turunnya pesawat dalam satuan kaki per menit, sehingga pilot dapat mengontrol naik atau turunnya pesawat.

4. **HI** – Heading Indicator: Mewakili arah atau arah yang ditunjuk pesawat saat ini. Perlu kalibrasi berkala untuk memperhitungkan penyimpangan giroskopik.

5. **TC** – Koordinator Putaran: Membantu pilot menjaga koordinasi belokan dengan menunjukkan kecepatan belokan dan memastikan pesawat tidak selip atau tergelincir selama manuver.

6. **TCI** – Inclinometer (atau Turn and Bank Indicator): Menunjukkan apakah pesawat berada dalam belokan terkoordinasi atau tergelincir atau tergelincir saat bermanuver.

Instrumen-instrumen ini sangat penting untuk menjaga kesadaran situasional dan mengendalikan sikap dan kinerja pesawat, terutama dalam kondisi cuaca buruk atau ketika hanya mengandalkan penerbangan instrumen.

 

Masalah lain Artificial Horizon

Masalah lain Artificial Horizon adalah dengan grafis;

tidak ada tombol untuk mengatur Gyro Directional, altimeter

tidak memiliki jendela kohlsman, indkator 10K kaki atau tombol untuk mengatur tekanan barometrik lokal dan penunjuk kecepatan vertikal saat istirahat harus pada posisi jam 9.

Altimeter relatif terhadap permukaan laut rata-rata sehingga nol kaki tidak terpakai, sebagian besar bandara agak di atas permukaan laut.

Altimeter akan membaca nol jika disetel ke QFE, atau ketinggian lapangan udara jika disetel ke QNH.

QFE akan berfungsi dengan baik hanya jika mendarat di bandara yang sama tempat pesawat lepas landas

Tetapi ini akan membingungkan karena ATC, layanan penerbangan, pengontrol menara dan laporan cuaca selalu melaporkan tekanan lokal di QNH. Ditambah semua grafik navigasi, grafik pendekatan dan sectional melaporkan setiap ketinggian sebagai MSL sehingga menggunakan QFE akan sangat berbahaya di IMC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *