Mencari Amal Ibadah dan Memperdalam Ilmu Agama

Ber-I’tikaf ke Masjid di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan tahun ini diwarnai oleh Taruna-Taruni SMK Penerbangan Banjarbaru dengan berbagai kegiatan keagamaan. Kegiatan keagamaan ini selain memperoleh amal ibadah diharapkan juga memperoleh ampunan dari segala dosa.

 

Salah satu kegiatan di bulan penuh berkah ini adalah I’tikaf di beberapa Masjid di Banjarbaru dan Martapura. Kegiatan ini diikuti seluruh Taruna-Taruni Tingkat X dan XI yang beragama Islam dimana dalam satu hari ada 2 masjid yang di kunjungi sehingga peserta I’tikaf dibagi dua dalam sehari. Dalam kegiatan di masjid-masjid tersebut Taruna-Taruni melaksanakan Solat Dzuhur berjamaah selanjutnya melakukan Tadarus Al-Qur’an.

Taruna-taruni sangat antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 13 – 27 Mei 2019 ini, mengingat selain melaksanakan ibadah, mereka juga dapat mengunjungi beberapa Masjid sekaligus Local Study Tour, dimana mereka kadang mendapatkan ilmu agama ketika ada Tausiah yang kebetulan ada masjid mengadakan Tausiah Ramadhan yang mengundang penceramah Tamu. Seperti saat kunjungan Taruna-Taruni di Masjid Hidayatul Muhajirin Banjarbaru, saat itu ada kegiatan dengan Penceramah Tamu dari Palestina, sehingga Taruna/i dan guru pendamping mengikuti kegiatan tersebut. Tentunya mendapatkan tambahan ilmu agama dari penceramah internasional.

Koordinator kegiatan, Rizali Hadi, S.Pd menyampaikan tujuan kegiatan pada dasarnya untuk mencapai Visi dan Misi SMK Penerbangan Banjarbaru. Harapkan dari kegiatan ini agar taruna/i membaca Al Qur’an untuk menghidupkan bulan Ramadhan dan mengamalkan isinya dalam kehidupan. Sekaligus memperkenalkan SMK Penerbangan Banjarbaru di Banjarbaru dan Martapura bukan hanya belajar dunia Aviasi tentunya juga SMK Penerbangan di kenal sebagai SMK yang memperhatikan taruna/i memiliki Ahlak dan Budi Pekerti yang baik.

Kegiatan ini sangat positif sekali, dari kegiatan ini mulai mendekatkan anak-anak zaman sekarang lebih mudah dan ringan melangkah ke Masjid. Mengutip tulisan Perjalanan terjauh dan terberat adalah perjalanan menuju ke Masjid Perjalanan ke Masjid adalah perjalanan menjumpai Rabbmu, sesuai dengan perintah-Nya yang diajarkan oleh nabimu, serta perjalanan yang akan membedakanmu dengan orang-orang yang lupa akan Rabbnya, Maka lakukanlah walaupun engkau harus merangkak dalam gelap subuh demi keselamatanmu, mengarungi dunia yang fana menuju tempat keabadian (surga-Nya), serta bertemu dengan Rabbmu

Daftar Masjid-Masjid yang di kunjungi :

  1. Al Karomah (Mesjid Agung) Martapura-Kab. Banjar
  2. Bani Al-Ahdal Gunung Ronggeng-Kab. Banjar
  3. Jami’ Darul Falah (Seberang Q-Mall) Kota Banjarbaru
  4. Baitul Azim Sungai Besar Kota Banjarbaru
  5. Kanzul Khairat Panglima Batur Timur Kota Banjarbaru
  6. Jami Hidayatul Muhajirin Jl. Beringin, belakang kolam Renang Idaman Kota Banjarbaru
  7. Nurul Iman Jl. A.yani-Loktabat Kota Banjarbaru
  8. Agung Al Munawwarah trikora Kota Banjarbaru
  9. Qardhan Hasana Jl. Rahayu Kota Banjarbaru
  10. Istiqomah (Muhammadiyah) Jl. A. Yani Kota Banjarbaru

Daftar Guru Pendamping :

  1. Muhammad Ansyari, S.Pd
  2. Misbah, S.Ap
  3. Resti Yogi Pratiwi, S.Pd
  4. Ellyani, S.Pd
  5. Budi Irawan Ka, S.Pi
  6. Khaidir, S.Pd
  7. Siti Marhamah, S.Si
  8. M. Riza Fahlifi, S.Kom
  9. Rizali Hadi, S.Pd
  10. Maya Rahmatina, S.Pd.I
  11. Cynthia Widya Wulan Sari, S.Pd
  12. Aminah, S.Pd