Direktorat SMK Gelar Kegiatan Sertifikasi TOEIC Tahun 2021 Bagi Siswa SMK

Pelaksanaan Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris TOEIC 2021 di SMK Penerbangan Banjarbaru dengan dukungan Direktorat SMK guna mendorong mutu dan daya saing siswa SMK pada masa pandemi Covid-19

Taruna-taruni SMK Penerbangan Banjarbaru turut mengambil bagian dalam kegiatan sertifikasi Kemampuan bahasa inggris TOEIC tahun 2021, yang di fasilitasi Direktoran SMK. Terlebih dimasa pandemi Covid 19 ini sangat mendukung dan membantu Taruna-taruni SMK Penerbangan Banjarbaru dimana untuk memperoleh Sertifikat ini  sangat sulit.

SMK Penerbangan Banjarbaru telah mengikutsertakan sebanyak 28 siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 11 siswa. Sebelum para siswa menjalankan ujian bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode Pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan. Selama periode Pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Ibu Hafilia R. Ismanto dan tim melalui Zoom dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswa kami siap menghadapi ujian.

Direktorat SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI senantiasa melakukan upaya strategis untuk memastikan lulusan SMK memiliki daya saing yang kuat di dunia kerja. Diantara program nyata yang secara konsisten digelar adalah program sertifikasi internasional kemampuan Bahasa Inggris bagi siswa SMK dengan TOEIC (Test Of English for International Communication). Bahkan disaat pandemi Covid-19 melanda Indonesia sejak tahun lalu, salah satu program yang tetap menjadi prioritas untuk dijalankan adalah sertifikasi TOEIC bagi siswa SMK.

Pada tahun 2021 ini, Direktorat SMK kembali menggelar kegiatan Sertifikasi TOEIC bagi siswa SMK yang pendaftarannya dibuka bulan April tahun ini. Berbagai tahapan program telah dilalui mulai dari Sosialisasi, Pendaftaran, dan Seleksi VIERA. Di bulan Juli ini, telah dimulai pelaksanaan tahapan utama yaitu Sertifikasi TOEIC.

Pada tanggal 19 Juli 2021 SMK Penerbangan Banjarbaru melaksanakan Sertifikasi TOEIC bagi siswa kami yang lolos seleksi. Berikut pengalaman teknis persiapan dan selama pelaksanaan TOEIC yang dirasakan oleh siswa dan guru.
Fikry Raihan Kelas XI OTKP, “Bicara tentang persiapan saya pribadi sebelum melaksanakan tes Toiec. Karena adanya tes listening pada Toeic, saya lebih fokus mendalami tentang pengucapan bahasa Inggris nya, dengan cara yang saya sukai, seperti mendengarkan musik berbahasa Inggris, menonton film tanpa subtitle, dan mendengarkan podcast berbahasa Inggris. Dan Mengenai pengalaman selama mengikuti, karena ini tes Toiec yang dijalankan secara online. Saya sedikit ada kendala dengan internet.Karena pada saat diakhir test, rumah saya tiba-tiba ada pemadaman listrik.Selain hal tersebut, saya tidak kendala kendala yang berarti. Soal Toiec reading maupun listening aman, tidak ada eror-eror pada sistem. Respon loading ataupun tombol pada sistem berkerja cukup cepat dan baik.”
Maya Rahmatina, M.Pd., Guru PABP, “Dalam teknis persiapan tes toeic alhamdulillah di fasilitasi oleh panitia, dan di beri bimbingan terkait tehnis nya. Dari awal proses pelaksanaan sampai akhir di fasilitasi dgn baik. Alhamdulillah selama proses berlangsung tidak ada kendala sama sekali.”
Testimoni siswa :

Fikry Raihan Kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, “ Karena ini pertama kali saya mengikuti tes-tes seperti ini, saya harap setelah mengikuti tes ini, kemampuan berbahasa Inggris saya menjadi lebih baik lagi dan menjadikan pengalaman ini untuk memberikan hasil yang lebih baik lagi ketika mengikuti tes Toiec dikemudian hari.”
Jerry Rivaldo Jusunaga XI Airframe Power Plant, “Untuk pengalaman saya karna ini yang pertama pasti kaget, dan tanpa disadari lolos, saya rasa sendiri skill saya dalam berbahasa inggris itu masih kurang makanya saya masih gak nyangka lolos. manfaat mengikuti toeic bagi saya, saya dapat melihat kekurangan saya dalam berbahasa inggris, sehingga memotivasi saya untuk menutupi kekurangan tersebut.”
Maya Rahmatina, M.Pd., Guru PABP, “Kami mengucapkan terimakasih atas fasilitas dari program bantuan sertifikat toeic ini, dan harapannya setelah menguji kemampuan bahasa Inggris dengan mengikuti tes toeic ini siswa kami tambah bersemangat untuk belajar bahasa inggris.”