Uji Kompetensi Keahlian (UKK) TP 2020-2021

Output hasil pendidikan di SMK Penerbangan Banjarbaru merupakan titik penting bagi lulusannya. Taruna yang lulus diharapkan dapat meneruskan pendidikan yang lebih tinggi di sekolah yang terbaik atau bekerja di dunia usaha atau dunia industri di berbagai bidang terkhusus bidang Aviasi. Menjadi keharusan mutlak yang dimiliki Taruna-Taruni adalah Keahlian yang sesuai diperlukan dunia usaha atau dunia industri oleh karenanya. Sebagai Sekolah Kejuruan yang berAkreditasi A, SMK Penerbangan Banjarbaru melakukan penilaian terhadap keahlian yang sudah dimiliki Taruna-Taruninya dengan melakukan Uji Kompetensi Keahlian setiap Tahunnya.

UKK ini mengikuti acuan standar dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP), dimana tujuan UKK  SMK adalah

  1. Mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya.
  2. Memfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk mendapatkan sertifikat kompetensi.
  3. Mengoptimalkan pelaksanaan sertifikat oleh SMK yang berorientasi pada permintaan industri terhadap tenaga kerja kompeten yang memiliki sertifikat kompetensi.
  4. Memfasilitasi kerja sama SMK dengan dunia usaha / industri dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja kompeten bersertifikat kompetensi.

Atas dasar standar dari BNSP ini, maka lulusan dari SMK Penerbangan Banjarbaru akan diberikan Sertifikasi setelah mengikuti ujian ini.

Tahun Pelajaran 2020/2021 ini 29 Taruna-Taruni mengikuti UKK ini. Sebanyak 13 Taruna-Taruni dari Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) dan 16 Taruna-Taruni dari Keahlian Air Frame Power Plant.

Masa Pandemi Covid-19, UKK Tahun Pelajaran 2020/2021 tetap dilaksanakan dengan vitual daring pada tanggal 5-6 April 2021. Walau demikian tidak mengurangi esensi tujuan dan hasil penilaian UKK.

Tim Penilai tetap diambil dari dunia usaha -dunia industri yang kompeten. Dunia Usaha-dunia Industri yang menjadi Tim Penguji yaitu

  1. Varian Permadi, A.Md dari AirNav Indonesia
  2. Fahmi Kusuma Ningrum, A.Md dari AirNav Indonesia
  3. Yusup Restu Fauzi – Engineer  dari PT. Garuda Maintenance Facilitiy AA
  4. Hendrik Diantoro -Engineer dari PT. Batam Aero Technic (BAT)

Tim Penguji Internal dari SMK Penerbangan yaitu

  1. Reza Fahmi ST
  2. Misbah, S.A.P
  3. Eka Kumala Sari, Se
  4. Siti Marhamah, S.Si

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *